MEDIA SOSIALISASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL
BPJS

Wednesday, 11 December 2013 10:45 PM

Sosialisasi JKN dan BPJS Perlu Ditingkatkan

BPJS Info - Jakarta. Anggota Komisi IX DPR, Imam Suroso mengatakan Komisi IX DPR telah memberikan persetujuan dana Rp20-25 triliun rawat inap kelas 3 rumah sakit.

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku heran mengapa Kementerian Kesehatan masih membebankan biaya atau dana kepada masyarakat dari rumah sakit.

Terkait penolakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS), dikatakan Imam, perlu adanya komunikasi yang baik antara penolak BPJS dengan Kemkes.

“Menteri Kesehatan itu bagaimana bisa menggangarkan biaya kelas III rumah sakit bagi masyarakat yang tidak mampu berobat. Karena itulah, jangan dibiarkan ada masyarakat yang sakit mengeluarkan biaya yang besar bagi masyarakat miskin,” kata Imam, Rabu (11/12/2013).

BPJS, menurut Imam, masyarakat yang mampu atau mempunyai uang yang mumpuni itu harus memberikan bantuan silang dengan membayar iuran kepada masyarakat yang tidak mampu dengan biaya Rp100 ribu per bulan.

Bila pembayaran iuran Rp100 ribu per bulan berjalan dengan baik dan lancar, bisa jadi akan memenuhi anggaran ideal bagi program BPJS yang Rp50 triliun, dari anggaran yang dianggarkan saat ini Rp20 triliun.

 

Sumber: RRI

 

 

BERITA LAINNYA

KOMENTAR