MEDIA SOSIALISASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL
BPJS

Monday, 28 January 2013 6:47 PM

Rekrutmen CPNS 2013 Terapkan Sistem Down Sizing System

BPJS.INFO - Rekrutmen CPNS yang setiap tahun digelar terkecuali tahun diberakukannya moratorium CPNS yang berakhir tanggal 31 Desember 2012, memakan banyak anggaran biaya untuk Peerintah Daerah. Dimana kebutuhan pengeluaran akan gaji pegawai di setiap daerah lebih besar daripada kebutuhan pengeluaran pembangunan.

Rekrutmen CPNS yang digelar tidak luput juga dari proses KKN, dimana dalam hal ini ada beberapa oknum PNS yang memanfaatkan kesempatan untuk meraup keuntungan sebanyaknya dengan iming-iming pendaftar bisa menjadi CPNS tanpa test dan atau mengikuti test walaupun hanya sekedar formalitas. Tentunya hal ini bukan rahasia umum lagi sebagaimana disampaikan oleh Menteri pendayagunaan Aparatur Negara dala acara kegiatan Rakornas CPNS 2013.

Rekrutmen CPNS 2013 diharapkan hal-hal seperti itu tidak terjadi lagi, tambah Kemenpan. Langkah-langkah untuk membenahi proses penerimaan CPNS juga selalu diperbaiki untuk mengantisipasi hal tersebut terulang di masa-masa penerimaan CPNS.

Pemberlakuan kebijakan down sizing PNS dalam rekruitmen CPNS yang dimana Penerimaan CPNS berkisar antara 50 – 60 persen dari jumlah pegawai yang pensiun, dimaksudkan untuk mencapai beberapa tujuan diantaranya adalah untuk memangkas anggaran pegawai di pemerintahan daerah menjadi sekitar 40 persen, meningkatkan kompetensi CPNS dan mengikis proses KKN yang sering terjadi dalam proses recruitment CPNS.

Perekrutan seleksi CPNS 2013 diharapkan akan  menjaring calon calon pegawai negeri yang berkualitas yang bisa melayani masyarakat bukan CPNS yang tidak berkualitas dan bersifat korupsi akibat sistem perekrutan dan proses KKN yang terjadi yang memang telah merusak mental anak bangsa.

Penerimaan CPNS 2013 yang akan segera digelar, akan menerapkan nilai passing grade yang masih tetap tinggi sesuai arahan wapres, dimana passing grade kelulusan CPNS tidak usah diturunkan. Passing grade CPNS ini didapatkan dari hasil 3 kategori ujian penerimaan CPNS yaitu mulai dari karakteristik pribadi, intelegensia umum dan wawasan kebangsaan.

Sumber: lokerdirektori.com

BERITA LAINNYA

KOMENTAR

Twitter Facebook