MEDIA SOSIALISASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL
BPJS

Thursday, 26 December 2013 3:44 PM

Peserta BPJS TNI/Polri Banyak Belum Lengkapi Syarat

BPJS Info - Palembang. Kelengkapan syarat mendapat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan, belum sepenuhnya dilakukan instansi TNI/Polri. Setidaknya, sebanyak 29.027 anggota harus segera mengurus persyaratan yang ditentukan.

Kepala PT Askes Persero Divisi Regional III Handaryo mengungkapkan, dari jumlah 65.550 TNI di Divisi Regional III, sampai dengan Desember 2013 baru 46.041 yang melengkapi persyaratan. Sementara untuk Polri dari  51.014 yang terdaftar, sekitar 41.496 yang baru melengkapi persyaratan untuk beralih ke BPJS.

“Yang sudah memenuhi persyaratan untuk TNI/Polri sekitar 80 persen,” katanya dalam acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama PT Askes (Persero) Divisi Regional III dengan Kepala Kesehatan Daerah Militer/II Sriwijaya Dandenkesyah dan Kabidokes Polda Provinsi Sumsel, Babel, Bengkulu Dan Lampung kemarin.

Masih banyaknya yang belum melengkapi persyaratan diantaranya karema belum mengisi NIK, tanggal lahir dan juga belum memilih fasilitas kesehatan (Faskes). “Kendala masih banyaknya yang belum melengkapi persyaratan ini berbagai macam seperti orangnya yang tersebar, pendataan dan pencocokan lagi dengan kondisi lapangan yang berbeda bisa karena tidak ada ditempat dan lainnya,” terangnya.

Dia melanjutkan, untuk itu dengan Mou ini pihaknya selain melakukan penandatangan kesiapan BPJS dengan aparat setempat, juga untuk mengkoordinasikan masalah ini. “Dengan kegiatan ini juga kita koordinasikan agar kelengkapannya dapat segera terpenuhi,” sambungnya.

Handaryo menuturkan, untuk pembayaran premi, TNI/Polri sama dengan pengguna Askes untuk PNS. “Untuk PNS/TNI/Polri/Pensiunan 5 persen  dari gaji pokok, dan tunjangan 2 persen. Dibayarkan yang bersangkutan, kemudian 3 persen  oleh pemerintah,” tuturnya.

 

Sumber: Sumatera Ekspres

 

BERITA LAINNYA

KOMENTAR

Twitter Facebook