MEDIA SOSIALISASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL
BPJS

Tuesday, 05 February 2013 10:06 AM

Buka Cabang Baru, Jamsostek Siap Bertransformasi

BPJS.INFO - SURABAYA: PT Jamsostek (Persero) akan membuka kantor wilayah (kanwil) baru di tiga kota besar di Indonesia, tahun ini. Penambahan kanwil baru di Pekanbaru, Serang dan Ambon pada 2013 itu merupakan bagian dari kesiapan Jamsostek untuk bertransformasi menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bidang ketenagakerjaan. 

Menurut Direktur Utama PT Jamsostek, Elvyn G Masassya, tiga kanwil baru yang akan dioperasikan mulai April mendatang tersebut, diharapkan bisa memicu percepatan pertambahan kepesertaan Jamsostek. Kanwil baru di Ambon misalnya, disiapkan untuk merespon pesatnya pertumbuhan industri di kawasan Indonesia timur, ujarnya disela Customer Ghatering di Surabaya, akhir pekan kemarin.

Saat ini, Jamsostek memiliki delapan kantor wilayah yang berada di Medan (Kanwil I), Palembang (II), Jakarta (III), Bandung (IV), Semarang (V), Surabaya (VI), Balikpapan (VII), dan Makassar (VIII). Selain memperbanyak kanwil, tahun ini Jamsostek juga akan membuka 51 outlet layanan baru. 

Bersamaan dengan itu, Elvyn juga berupaya memperbanyak kepesertaan terutama dari pekerja sektor informal, dengan mempermudah sistem pendaftaran misalnya melalui internet dan SMS. Jamsostek sendiri sudah mengalokasikan anggaran hingga ratusan miliar rupiah, untuk membangun infrastruktur berbasis teknologi informasi dalam me-nunjang peningkatan kualitas pelayanan seperti itu.

Selain proses pendaftaran, Jamsostek juga akan membuka peluang sistem pembayaran iuran premi secara online atau menggunakan kartu ATM. Untuk mendukung berbagai kemudahan tersebut, kata dia, Jamsostek sudah menggandeng sejumlah perbankan seperti BNI, BRI dan Mandiri. 

Dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya juga berencana mengoperasikan 497 outlet layanan Jamsostek di seluruh Indonesia. Tahun ini saja, kami berencana akan menambah sekitar 51 outlet baru secara nasional, tegasnya.

Menurutnya, total ada tujuh elemen yang akan dibangun Jamsostek dalam rangka bersiap diri menuju BPJS yang waktunya sudah semakin dekat itu. Berbagai elemen itu diantaranya berupaya meningkatkan kepesertaan, kualitas layanan, investasi, penguatan database dan teknologi informasi, sistem keuangan, sumber daya manusia, dan good corporate governance.((Andira))

Sumber: jamsostek.co.id

BERITA LAINNYA

KOMENTAR