MEDIA SOSIALISASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL
BPJS

Wednesday, 14 November 2012 12:28 PM

RS Harapan Kita tidak Terima Pasien Berbekal KJS

JAKARTA. Program Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang sudah diluncurkan Sabtu (10/11) ternyata belum bisa digunakan di rumah sakit yang menjadi rujukan. Salah satunya, Rumah Sakit Jantung Harapan Kita di wilayah Jakarta Barat. Kepala humas RS Jantung Harapan Kita Anwar di Jakarta, Selasa (13/11), mengatakan pihaknya sudah mengetahui program tersebut, hanya saja mekanisme penggunaannya yang belum jelas. "Belum ada nota kesepahaman, mekanisme pemakaiannya pun belum tahu seperti apa. Nantinya gratis semua tahapan pengobatan atau ada yang berbayar?" katanya.

Dia mengakui, seorang veteran mendatangi RS Jantung Harapan Kita untuk berobat menggunakan KJS. Hanya saja, karena belum ada mekanismenya, pihak rumah sakit menyatakan belum bisa memakai KJS. Saat ini, mereka yang tidak mampu masih bisa menggunakan jaminan kesehatan daerah (jamkesda). "Harusnya ada pembahasan mekanisme penggunaan KJS antara pihak rumah sakit, Dinas Kesehatan, dan pemerintah provinsi. Sehingga KJS dapat cepat digunakan di sini," tuturnya.

Tentunya, kata Anwar, KJS akan lebih memudahkan bagi mereka yang memiliki keterbatasan biaya. Ia pun mengatakan dari informasi yang telah diperolehnya, untuk dapat menggunakan KJS di RS Jantung Harapan Kita harus mendapat rujukan dari puskesmas dan rumah sakit umum daera

Sumber : Micom

 

BERITA LAINNYA

KOMENTAR