MEDIA SOSIALISASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL
BPJS

Thursday, 12 December 2013 9:34 PM

Wali Kota Magelang Putuskan 5 Puskesmas Menjadi BLUD

BPJS Info - Magelang. Wali Kota Magelang Ir H Sigit Widyonindito MT memutuskan lima puskesmas di wilayahnya menjadi badan layanan umum daerah (BLUD). Kelimanya adalah Puskesmas Magelang Utara, Magelang Tengah, Magelang Selatan, Jurangombo dan Puskesmas Kerkopan.

Ketua Tim Penilai Usulan Puskesmas Menjadi BLUD, Drs Sugiharto mengatakan, surat keputusan (SK) Wali Kota Magelang ditandatangani 5 Desember 2013. Setelah SK terbit, langkah berikutnya adalah mengirimkan petugas Dinas Kesehatan dan kelima puskesmas dalam minggu ini studi banding ke puskesmas DKI Jakarta yang sudah lama menjadi BLUD.

"Sebelumnya mereka juga sudah studi banding ke Jakarta belajar mengenai pembentukan puskesmas menjadi BLUD. Setelah ditetapkan menjadi BLUD sekarang belajar mengenai operasionalnya," kata Sugiharto yang juga Sekda Kota Magelang.

Dengan statusnya yang baru, lanjut mantan Kepala Dispendukcapil, maka kelima puskesmas bisa mengelola sendiri pendapatannya dari retribusi maupun belanja keperluannya. Cara ini lebih fleksibel dibanding sebelumnya yang bersumber dari APBD Kota Magelang.

"Tujuan menjadi BLUD supaya pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik. Apalagi mulai 1 Januari 2014 badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) bidang kesehatan mulai berlaku."

Sugiharto memberi contoh mengenai kebutuhan jarum suntik. Selama ini pembeliannya menggunakan dana APBD. Jika kurang, maka tidak bisa langsung membeli tetapi harus menunggu dianggarkan pada APBD Perubahan. Dengan BLUD puskesmas bisa langsung membeli kekurangan jarum suntik. Demikian pula untuk pengadaan obat-obatan.

Untuk sarana dan prasarana puskesmas, dia menerangkan, sudah cukup  memadai untuk pelayanan saat ini. Mengenai penambahan fasilitas kemungkinan akan dilakukan bertahap. "Ke depan mungkin  akan ditambah fasilitas rawat inap dan sebagainya," tuturnya.

Seperti diberitakan, DPRD mengusulkan mulai tahun 2014 status lima puskesmas di Kota Magelang ditingkatkan menjadi BLUD, seperti halnya RSU Tidar. Hal itu terkait dengan berlakunya badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) bidang kesehatan mulai 1 Januari 2014. Pertimbangannya, kesehatan seluruh penduduk Indonesia nantinya dijamin oleh BPJS baik yang preminya dibayar pemerintah maupun sendiri.

Untuk periksa kesehatan maupun rawat inap BPJS harus menjalin kerja sama dengan rumah sakit maupun puskesmas. Yang tidak menjalin kerja sama nanti menjadi  perawatan (tarif) umum.

 

Sumber: Suaramerdeka.com

 

 

BERITA LAINNYA

KOMENTAR