MEDIA SOSIALISASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL
BPJS

Wednesday, 09 January 2013 11:55 AM

Ratusan Ibu di Depok Tolak BPJS dan SJSN

BPJS.info - Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan UU Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Negara (SJSN), mendapat penolakan. Protes salah satunya datang dari ratusan ibu rumah tangga dari Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok, Jawa Barat.

Demonstran berunjuk rasa di depan Gedung Pemerintah Kota Depok, Selasa (9/1/2013), menolak 2 undang-undang tersebut. Mereka menganggap Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Jaminan Persalinan (Jampersal), dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) sudah menjadi hak rakyat yang harus dipertahankan dan disebarluaskan ke warga.

"Karena selama ini Jamkesmas, Jampersal, dan Jamkesda telah terbukti gratis tanpa iuran dan tidak adanya pembatasan jenis penyakit," kata koordinator aksi, Roy Pangharapan.

Berbeda dengan BPJS dan SJSN. Menurut Roy, jika diberlakukan maka tak akan ada lagi biaya gratis. "Karena UU itu akan mewajibkan rakyat untuk membayar iuran Rp 22.500 per kepala per bulan. Itu pun hanya biaya penyakit dasar (ringan) saja dan adanya pembatasan biaya," ucap Roy.

Setelah sempat dilarang masuk, para pengunjuk rasa akhirnya diizinkan aparat kepolisian setempat dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk masuk ke halaman Gedung Pemkot Depok.

 

Sumber: liputan6.com

BERITA LAINNYA

KOMENTAR