MEDIA SOSIALISASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL
BPJS

Tuesday, 01 October 2013 6:33 PM

Pembangunan Pabrik Semen Diprotes Warga

BPJS Info - Sukabumi. Warga Kampung Talagasari, Desa Sirnaresmi, Kec. Gunungguruh, Kab. Sukabumi mengeluhkan polusi udara dari lokasi proyek pembangunan pabrik semen PT Semen Jawa (SJW). Selain membuat lingkungan kotor, asap debu juga kerap memicu penyakit pernapasan.

"Polusi debu dari lokasi pembangunan pabrik PT SJW sudah sangat mengkhawatirkan. Bila tertiup angin, debunya mengotori permukiman warga sekitar," ungkap warga Kp. Talagasari, Dodi yang diiyakan warga lainnya kepada "GM", Jumat (27/9).

Ia mengatakan, dampak lain proyek PT SJW itu, kerap menimbulkan banjir. Sebab sejauh ini proyek tersebut tidak memiliki saluran buangan air.

"Saat ini bila tiba turun hujan air bercampur lumpur mengalir ke drainase yang langsung menggelontor ke permukiman warga. Otomatis bila turun hujan besar, permukiman warga kerap kena imbasnya berupa banjir lumpur," katanya.

Bahkan pekan lalu puluhan warga sempat mengalami banjir lumpur kiriman dari lokasi proyek. Namun mereka masih berusaha bersabar.

Namun  bila perusahaan tidak memperhatikan aspek pengelolaan lingkungan, kemungkinan warga akan melakukan aksi protes. "Warga saat ini masih sabar tanpa ada unjuk rasa untuk menyampaikan keluhan. Namun bila perusahaan tidak memperhatikan masalah lingkungan, mungkin warga tidak akan berdiam diri lagi," ungkapnya.

Sementara itu, ratusan personel Polresta Sukabumi mengamankan areal peresmian pabrik semen PT SJW di Kp. Talagasari, Desa Sinaresmi, Kec. Gunungguruh, Kab. Sukabumi. Langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa. Tetapi hingga Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan meresmikan pemba­ngunan, tidak ada aksi apa pun.

"Upaya pengamanan sesuai prosedur dan ketetapan. Apalagi selain Gubernur Jabar, hadir juga Dubes Kerajaan Thailand, " kata Kapolresta Sukabumi, AKBP Hari Santoso kepada "GM", kemarin.

 

Sumber: Galamedia

 

BERITA LAINNYA

KOMENTAR