MEDIA SOSIALISASI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL
BPJS

Thursday, 26 December 2013 3:54 PM

27 Desember, Batas Pengumpulan Data Jamkesda

BPJS Info - Klaten. Hingga saat ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten belum menerima sepenuhnya data calon peserta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Klaten tahun 2014. Dari, 31.000 calon peserta yang ada, baru sekitar 29.000 data penerima Jamkesda yang sudah masuk ke Dinkes.

Akibat masih adanya data peserta yang belum masuk, maka pendataan penerima manfaat Jamkesda terpaksa molor lagi dari waktu yang ditargetkan.

Seharusnya, 21 Desember 2013 lalu semua data sudah masuk ke Dinkes, tapi ternyata ada 20 desa yang belum mengumpulkan hasil pendataan.

"Hasil pendataan Jamkesda masuk dari desa baru sekitar 29.000 orang, padahal kuota jumlah peserta Jamkesda yang ditetapkan mencapai 31.000 orang. Jadi, masih ada sekitar 2.000 orang yang belum masuk sampai akhir pekan lalu," kata Kepala Unit Pembiayaan Kesehatan Masyarakat Dinkes, Nurcholis Arif Budiman, Kamis (26/12).

Desa yang belum mengumpulkan data masih diberikan kesempataan sampai 27 Desember 2013. Pengunduran waktu itu dilakukan sesuai hasil rapat koordinasi Dinkes dengan PT Askes.

Setelah batas waktu itu lewat, maka tidak akan dilakukan perpanjangaan lagi.

"Jika ada desa yang mengumpulkan hasil pendataan setelah tanggal 27 Desember 2013, maka akan ditolak karena sudah terlambat. Kami sudah berulang kali mengingatkan agar desa segera mengumpulkan pendataan. Bahkan, Pak Sekda sudah membuat surat edaran," ujar Nurcholis.

Desa seharusnya bergerak cepat megumpulkan data yang ada. Warga miskin yang belum masuk dalam pendataan, bisa dimasukkan pada saat pembaruan data yang dilakukan setiap tiga atau enam bulan setelah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) berjalan.

 

Sumber: Suara Merdeka

 

 

BERITA LAINNYA

KOMENTAR

Twitter Facebook